Menu
021-7459879

Ruko Emerald Jalan Jombang Raya Blok.AA1/3 Pondok Aren, Bintaro Jaya Tangerang Selatan - Banten 15227

Hukum jual beli dalam islam

Kata “jual beli” ini bersifat umum, mencakup jual beli kredit. Diriwayatkan bahwa Thawus, Al-Hakam, dan Hammad berkata bahwa tidaklah mengapa kalau penjual berkata kepada pembeli,’Aku jual kontan kepadamu dengan harga sekian, dan aku jual kredit kepadamu dengan harga sekian,’ lalu si pembeli membeli dengan salah satu dari dua harga itu.

Kredit hukum jual beli dalam islam

Hukum jual beli dalam islam

Dalam aturan Jual beli dengan skema pembayaran kredit dalam hukum fiqih dikenal dengan istilah al-bai` bi ad-dain atau al-bai` bi at-taqsith, atau al-bai’ li-ajal. Semuanya memiliki arti jual beli dengan penyerahan barang pada saat akad, tapi pembayarannya dilakukan secara tertunda atau berangsur sesuai jangka waktu yang disepakati. Pembayaran tertunda ini dapat dilakukan sekaligus pada satu waktu, atau dicicil (diangsur) dalam beberapa kali cicilan (tidak dibayar sekaligus dalam satu waktu). Dalam jual beli kredit pada umumnya si penjual menetapkan harga kredit yang lebih mahal daripada harga kontan (cash). Misalnya, penjual menetapkan harga sebuah sepeda motor seharga Rp 10 juta jika dibayar secara cash, dan Rp 12 juta jika dibayar kredit dalam jangka waktu tertentu.

Dalam jual beli kredit ini penjual seringkali menetapkan uang muka (down payment). Dengan ketentuan, jika jual beli jadi, uang muka akan dihitung sebagai bagian dari harga. Namun jika tidak jadi, uang muka tidak dikembalikan kepada pembeli tapi menjadi hak penjual. Bolehkah jual beli kredit dengan skema DP semacam ini?

Hukum jual beli dalam islam

Jumhur fuqaha seperti ulama mazhab yang empat (Hanafiyah, Malikiyah, Syafiiyah, Hanabilah) membolehkan jual beli kredit, meski si penjual menjual barang dengan harga kredit yang lebih mahal daripada harga kontan. Inilah pendapat yang kuat (rajih).

Dalil kebolehannya adalah keumuman dalil-dalil yang telah membolehkan jual beli, misalnya QS Al-Baqarah : 275 (artinya),”Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” Juga berdasar sabda Nabi SAW,”Sesungguhnya jual beli itu adalah atas dasar saling ridha.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Uang Muka hukum jual beli dalam islam

Hukum jual beli dalam islam

Dalam jual beli kredit ini penjual seringkali menetapkan uang muka (down payment). Dengan ketentuan, jika jual beli jadi, uang muka akan dihitung sebagai bagian dari harga. Namun Jika tidak jadi, uang muka tidak dikembalikan kepada si pembeli tapi menjadi hak si penjual. Bolehkah?

Mengenai uang muka (DP), hukum jual beli dalam islam boleh. Karena ada riwayat bahwa Umar bin Khaththab pernah membeli rumah dari Shofwan bin Umayyah dengan harga 4000 dirham, dengan ketentuan jika Umar rela, maka jual beli dilaksanakan dengan harga tersebut. Jika Umar tidak rela (tidak jadi membeli), Shofwan berhak mendapat 400 dirham (10 % dari harga). (Yusuf As-Sabatin, Al-Buyu’ Al-Qadimah wal Mu’ashirah, hal. 84).

Sebagian ulama melarang uang muka (‘urbun) dengan dalil hadis bahwa Nabi SAW melarang jual beli dengan uang muka (‘urbun) (HR Ahmad, Nasa’i, Ibnu Majah). Namun hadis ini ternyata lemah sehingga tidak dapat dijadikan dalil untuk melarang DP. (Ibnu Hajar, At-Talkhis Al-Habir, 3/17; Al-Albani, Takhrij Al-Misykah, 2/866).

Saat ini nirwana gemilang property syariah sebagai developer properti syariah mengembangkan perumahan dengan konsep syariah yang kami terapkan skema pembayarannya dengan skema cash dan kredit  tanpa bank, tanpa bunga, tanpa denda, tanpa sita, tanpa akad bermasalah, inshaallah sesuai dengan Hukum jual beli dalam islam. project nya pun ada di beberapa daerah. Diantaranya yaitu:

  1. Perumahan Telaga Jambu I Sawangan Depok
  2. Perumahan Telaga Jambu II Sawangan Depok
  3. Kavling Sunnah Purwakarta, Kampoeng Buah Naga

Properti Terbaru

Rumah 2 lantai mungil di Sawangan

Rp 1.056.351.500
Jl Abdul Wahab Sawangan Depok
Lt/Lb : 180 m2 m² / 79 m2 m²
Lihat Detail »

Rumah kecil tapi mewah di Depok

Rp 528.014.478
Jl Abdul Wahab Sawangan Depok
Lt/Lb : 82 m2 m² / 36 m2 m²
Lihat Detail »

Rumah minimalis 2 lantai modern Depok

Rp 1.269.061.500
Jl Abdul Wahab Sawangan Depok
Lt/Lb : 224 m2 m² / 79 m2 m²
Lihat Detail »