Submit Property
click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
Advanced Search

Rp 0 to Rp 1,500,000

More Search Options
We found 0 results. Do you want to load the results now ?
Advanced Search

Rp 0 to Rp 1,500,000

More Search Options
we found 0 results
Your search results

Tips membeli rumah untuk pemula

Posted by Admin on December 7, 2016
| 0

membeli rumah untuk pemula

Membeli rumah untuk pemula tentunya sangat senang dan mendebarkan, sebaiknya anda memperhatikan hal-hal yang perlu diketahui, baik itu ketika akan membeli rumah dalam bentuk rumah perorangan maupun rumah dalam sebuah komunitas besar seperti rumah dalam cluster.

Tidak harus bingung membeli rumah untuk pemula

Pada umumnya jual beli rumah dan properti bagi setiap pihak yang terkait harus mengetahui berbagai aspek yang berhubungan dengan proses sebelum transaksi dilakukan. sehingga tidak mengalami kendala saat terjadi kesepakatan jual beli antar pihak penjual maupun pembeli.

yang pertama perlu anda ketahui adalah pelajari kondisi objek properti yang akan dibeli, apakah rumah atau properti tersebut sudah terdapat bangunan diatas tanah dan sudah jadi, atau masih dalam tahap proses pembangunan, atau bahkan rumah yang akan anda beli masih berupa sebidang tanah yang belum dibangun?

Pengetahuan dasar proses membeli rumah untuk pemula

Sebetulnya bagaimanapun kondisi rumah dan properti yang akan dibeli tergantung dari kebutuhan anda, akan tetapi yang diperlukan disini adalah perlunya pengetahuan mendasar tentang berbagai aspek sebelum terjadinya transaksi, agar terhindar dari persangketaan antara penjual dan pembeli.

Baiklah tahap yang tidak dapat diremehkan dalam transaksi jual beli rumah maupun properti yang biasa banyak orang lakukan jika mendapatkan kondisi sebagai berikut:

  • Perhatikan objek rumah maupun properti yang akan anda beli apakah sudah ready atau siap huni
  • Rumah maupun properti yang masih dalam tahap pembangunan
  • Rumah maupun Properti masih dalam kondisi dalam bentuk sebidang tanah atau kaveling.

Saat anda menemukan kondisi-kondisi objek properti seperti yang telah disebutkan diatas, harus sesuaikan dengan keperluan anda, apakah anda sedang membutuhkan rumah yang siap huni dikarenakan butuh cepat? atau anda telah menemukan type rumah yang sesuai keinginan anda tapi belum selesai pembangunanya, atau mungkin anda telah mendapatkan lokasi yang cocok akan tetapi rumah nya belum dibangun sama sekali.

Membeli rumah untuk pemula perlu tahu ini

Mari kita bahas 3 point yang perlu diketahui oleh anda sebagai orang yang baru pertama kali dalam melakukan transaksi jual beli rumah. untuk membeli rumah rumah siap huni, rumah masih tahap pembangunan, atau rumah yang belum dibangun atau masih lahan kosong.

Banyak orang mengatakan bahwa jika anda membeli rumah yang sudah siap ditempati, lebih aman dibandingkan dalam kondisi inden. tidak demikian. Dalam proses jual beli rumah atau properti lainnya, legalitaslah yang menentukan kondisi rumah itu aman secara hukum atau tidaknya pada sebuah properti.

Dalam hal ini anda harus melakukan cek and ricek legalitas rumah yang akan anda beli, apa saja yang perlu anda ketahui? berikut point-point nya.

Untuk anda yang membeli rumah untuk pemula perlu diketahui, hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah:

  • Cek sertipikat adalah hal yang paling utama untuk menentukan apakah sebuah properti itu sah kepemilikannya, dan status yang lain seperti jenis kepemilikan setipikat, apakah hak milik, Hak guna bangunan, sertipikat pecah, sertipikat induk atau yang lainnya anda bisa pelajari jenis sertipikat tanah di indonesia
  • Cek status bangunan, apakah telah memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Poin ini menentukan ke absahan dari legalitas sebuah properti. kelengkapan ini juga menghindari dari permasalahan dengan peraturan yang berlaku.
  • Jika anda membeli rumah dalam sebuah cluster atau perumahan, cek juga Site Plan keseluruhan lahan perumahan, site plan perkaveling apakah sesuai dengan bentuk yang ada disertipikat dan dilapangan.
  • Lihat kondisi bangunan, apakah layak dan sesuai dengan kebutuhan anda seperti saluran dan lubang air, instalasi listrik, instalasi telepon dan lain sebagainya.
  • Lihat kondisi lingkungan apakah sarana umum memadai, akses jalan ideal, sistem keamanan lingkungan, dan keadaan masyarakat sekitar, karena lingkungan masyarakat yang kondusif akan menentukan kenyamanan anda dalam menempati sebuah hunian.

Demikian pentingnya hal-hal tersebut untuk anda ketahui agar dikemudian hari dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diharapkan, karena masalah persangketaan rumah maupun properti sangat pelik. Setelah ini yang perlu anda persiapkan adalah tujuan yang telah anda rencanakan apakah beli rumah secara Cash atau kredit?

Untuk mengetahui hal tersebut anda bisa menelusuri bagaimana proses pembelian dengan cara cash maupun kredit yang difasilitasi oleh pihak bank, untuk anda yang ingin membeli rumah secara cash, silahkan ke halaman proses pembelian rumah cash.

  • Project Perumahan Baru

  • Advanced Search

    Rp 0 to Rp 1,500,000

    More Search Options
  • Recent Posts

  • Mortgage Calculator

  • Reset Password

  • Reset Password