Menu
021-7459879

Ruko Emerald Jalan Jombang Raya Blok.AA1/3 Pondok Aren, Bintaro Jaya Tangerang Selatan - Banten 15227

Proses pembelian rumah cash yang mudah

9th December 2016 Harga : Lokasi : Kode listing : L.Tanah : m² L.Bangunan : m²

Gambar / Foto Proses pembelian rumah cash yang mudah

Detail Info Proses pembelian rumah cash yang mudah

Kode listing:
Harga:
Lokasi:
Luas Tanah:
Luas Bangunan:
Sertifikat:
Daya listrik:
Kamar Tidur:
Kamar Mandi:
Jumlah Lantai:
Garasi:
Menghadap:

Deskripsi Proses pembelian rumah cash yang mudah

Proses pembelian rumah cash

Jika telah berkemampuan melakukan proses pembelian rumah cash, anda tidak lagi disibukan dengan berbagai proses transaksi yang banyak menyita waktu dan tenaga. asalkan anda membeli rumah yang legalitasnya sudah dinyatakan aman dari berbagai hambatan. seperti kepemilikan sertipikat yang sah, masalah IMB dan lain sebagainya yang berhubungan dengan legalitas properti.

Proses pembelian rumah cash itu mudah

Tidak seperti Syarat pengajuan KPR rumah, proses pembelian rumah cash lebih cepat dan mudah tanpa melibatkan banyak pihak untuk melaksanakan akad jual belinya. ketika rumah telah deal terjual, maka seketika itu juga legalitas bisa langsung diserahkan dan dicek kepada pejabat yang berwenang, untuk keperluan validasi dan lain-lain. untuk menuju transaksi atau akad jual beli bisa dilaksanakan 3 hari setelah terjadi pengikatan antara penjual dan pembeli yang telah disepakati.

Proses pembelian rumah cash pada rumah satuan atau pribadi dengan rumah yang dikelola oleh developer perumahan mungkin agak sedikit berbeda, mungkin beberapa pengembang perumahan memiliki peraturan yang berbeda-beda dalam menentukan proses membeli rumah, ada termin-termin tambahan yang harus disepakati oleh pembeli. seperti kapan menentukan jadwal akad, melakukan cek legalitas perumahan yang mungkin pada beberapa pengembang sedikit memakan waktu karena ada beberapa pengembang yang legalitasnya masih dalam proses penyempurnaan pengesahan dan jadwal proses transaksi rumah mau tak mau harus mengikuti tahap-tahap tersebut.

Semudah itukah prosesnya? betul, dengan catatan legalitas objek properti telah clear tidak bermasalah, transaksi bisa dipercepat kapanpun anda mau, selama kedua belah pihak penjual dan pembeli berikut pihak penyelenggara akad atau pejabat yang berwenang dapat menyesuaikan waktu yang disepakati dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk keperluan akad jual beli rumah, akad akan terlaksana sesuai dengan rencana.

Syarat proses pembelian rumah cash untuk penjual

Dokumen-dokumen yang perlu di siapkan pasca pengikatan adalah Asli Sertifikat hak atas tanah, Kartu Tanda Penduduk Suami dan Isteri yang masih berlaku, Jika Suami / istri penjual meninggal maka yang harus dibawa adalah surat keterangan Kematian, Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan terahir dan lima tahun kebelakang, Surat Persetujuan Suami / Istri bagi yang sudah berkeluarga, Kartu Keluarga, NPWP (nomor pokok wajib pajak).

Apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh pihak penjual untuk melakukan persiapan akad jual beli? Kewajiban penjual dalam transaksi jual beli rumah adalah:

  • Pajak Penghasilan (PPh) – Pajak Penghasilan peralihan hak atas tanah dan/atau bangunan akan dikenakan kepada penjual sebesar 5% dari nilai transaksi rumah. dengan catatan. “Pajak Penghasilan ini atau PPh Final tidak berlaku terhadap perorangan yang memiliki penghasilan dibawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dibawah Rp 60 juta. sebelumnya silahkan anda pelajari Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2008.
  • Biaya Notaris – Setiap notaris memiliki besaran tarif yang berbeda dalam memfasilitasi penyelenggaraan akad jual beli rumah. Biaya-biaya tersebut adalah, Akta Jual Beli (AJB), Cek Sertipikat, Balik Nama Sertipikat, validasi pajak dan lain-lain. biaya-biaya ini akan ditagihkan kepada penjual sebelum melaksanakan Akad jual beli.
  • Komisi agen properti – poin ini berlaku jika penjual rumah menggunakan jasa agen properti untuk mempercepat penjualannya maka, agen properti berhak atas komisi yang telah disepakati diawal pemasaran.

Sekilas memang tidak terlalu banyak, tapi syarat proses pembelian rumah cash untuk penjual ini hanya berlaku untuk status rumah atau properti yang benar-benar clear dari kasus-kasus persangketaan, entah itu sangketa keluarga, waris dan kasus lainnya.

Syarat proses pembelian rumah cash untuk pembeli

Beberapa dokumen yang harus dipenuhi oleh pihak pembeli adalah KTP suami istri (syarat jika pembeli sudah menikah) dan Kartu kaluarga. dari sini bisa diperhatikan bahwa Proses membeli rumah cash itu mudah dan tidak berbelit-belit.

Syarat bagi pihak pembeli rumah harus dipenuhi seperti, biaya-biaya yang berhubungan dengan transaksi jual beli rumah adalah sebagai berikut:

  • BPHTB – Bea Perolehan Hak ata Tanah dan Bangunan sebesar 5% x (NJOP-NJOPTKP). Jika hasil hitung jumlahnya lebih kecil atau sama dengan Rp. 60.000.000,00 maka dibebaskan dari membayar pajak.
  • Kuitansi pelunasan – Setiap ada pembelian properti pastinya harus ada tanda terima pembayaran yang ditempel meterai dan ditandatangani pihak pembeli. dilengkapi dengan keterangan rumah atau objek properti yang dibeli. atau bahkan bisa diselipkan note kesepakatan lain jika ada.
  • Biaya Notaris – sebagai penyelenggara akad terdapat biaya-biaya dalam melaksanakan AJB atau Akta Jual Beli, lalu ada Bea Balik Nama atau disingkat BBN di BPN, biaya tergantung dari luas tanah, semua ini dapat dititipkan atau diurus oleh PPAT.

Bagaimana mudah dimengerti bukan? dalam proses pembelian rumah cash pada dasarnya sangat mudah dijalani, hal ini bisa dikonsultasikan juga pada agen properti terpercaya didekat kota anda bagaimana tahapan-tahapan dalam proses pembelian rumah cash bisa dilaksanakan tanpa banyak hambatan.

Hubungi Kami

foto sales
Admin NGPS

Marketing Online

021-7459879
0878 8428 8764
D5112268
0878 8428 8764